Click Here For Free Blog Templates!!!
Blogaholic Designs

Pages

Wednesday 8 January 2014

Dio akhirnya Imunisasi MMR juga.....

Yaaak... Setelah sempet maju mundur mau ngasih Dio imunisasi MMR atau gak, akhirnya pas hari Sabtu kemarin Dio sudah resmi diimunisasi MMR. Imunisasi Dio selalu hari sabtu, karena di hari sabtu saya baru bisa libur, gak enak kalau keseringan ijin di kantor hehehe... (maap ya pak bos saya sering ijin).
Back to the topic, buat Bunda atau Ayah yang belum tahu ini sekilas tentang MMR.

  • Apa itu Imunisasi MMR?
Imunisasi MMR adalah imunisasi yang diberikan untuk mencegah penyakit Mumps (gondongan/paratitis), Measles (campak, morbili, rubeola) dan Rubela. Rubela ini penting banget terutama untuk anak perempuan.
  • Kapan Waktu Pemberian Imunisasi MMR
Imunisasi MMR bisa mulai diberikan untuk anak usia 12-18 bulan. Kalau dari DSA-nya Dio sih menyarankan pas Dio udah 15 bulan saja. Jadi yo wes kami manut bu...

  • Kenapa Sempat Bimbang (halah bahasanya..)
Imunisasi MMR ini memang sempat membuat kami maju mundur, banyak sekali pertimbangan dan diskusi yang kami lakukan sebelumnya dengan DSA-nya Dio. Kenapa sempat ragu, ini beberapa alasan kami :
a. Adanya 'mitos' yang bilang kalau imunisasi MMR dapat menyebabkan Autisme.
    Sebenarnya bukan mitos juga sih ya, jadi sebelumnya ada seorang Dokter di London sana yang mengungkapkan hal tersebut. Nah hal ini yang sempat membuat semua orang tua jadi mempertanyakan lagi aman gak sih imunisasi ini, wajib atau gak diberikan untuk anak.... Walaupun sudah ada penelitian lanjutan yang menyebutkan bahwa penemuan dokter di London sana tidak benar, bahwa yang bersangkutan sudah memanipulasi data, tetapi tetap aja yang namanya orang tua jadi takut kan ya. Makanya kami diskusi sama DSA, banyak browsing artikel-artikel atau milis-milis tentang si MMR ini. Dan menurut kami imunisasi MMR ini penting untuk si buah hati, makanya kami imunisasi engkau dengan Bismillah anakku....

b. Faktor Biaya... (Iya ibu-ibu biaya)
   Sebelum akhirnya memutuskan untuk MMR, ada selentingan kabar kalau biaya imunisasi MMR itu mahal banget, ada yang bilang sampe 700ribu ke atas malah. Sebagai menteri keuangan rumah tangga, saya diberi mandat khusus sama presiden rumah tangga (dear husband) untuk croscek langsung ke RS tempat Dio imunisasi. Dio dari mulai di Bandung selalu imunisasi atau berobat di RS Borromeous karena lokasinya yang memang paling dekat rumah dan dokternya baik-baik (cocok pokoknya).  Dan ternyata sodara-sodara harganya tidak sehebat itu (alhamdulillah.... hehehe padahal untungnya diganti sama kantor suami tetep aja perhitungan). Sharing aja ya, kalau kemarin untuk imunisasi MMR nya sendiri 100ribu, baru deh ditambah sama biaya DSA-nya (yang lebih mahal) dan perlengkapan lainnya (kaya jarum suntik, dll, dsb) yah total gak sampe 250ribu. Ini kalau di RS swasta ya Bun, mungkin kalau di RS pemerintah bisa jauh lebih murah.

c. Vaksin MMR masih susah dicari
    Mungkin ini tergantung lokasinya juga ya, karena di tempat saudara saya yang ada di Solo katanya agak susah nyarinya. Saran saya sebelum datang ada baiknya konfirmasi dulu ke rumah sakit atau puskesmasnya tentang ketersediaan vaksin ini. Gak enak juga kan kalau udah antri lama tapi ternyata vaksinnya gak ada (ya setiap imunisasi antrinya selalu lama, kenapa kenapaaa...)

d. Belum banyak anak yang diimunisasi MMR
    Hal ini mungkin karena beberapa hal yang saya sebutkan diatas, mungkin bisa juga karena  tidak diinformasikan DSA-nya. Alhamdulillah DSA kami termasuk yang komunikatif dan mau menjelaskan dengan sejelas-jelasnya tentang apapun yang mengganjal di hati (cieee.. hehehe dokternya perempuan kok ini, jangan mikir yang enggak-enggak ya yah). Tapi tergantung keyakinan masing-masing orang tua juga apakah mau memberikan ini untuk anaknya atau tidak karena imunisasi MMR untuk sebagian besar orang masih dianggap sebagai imunisasi yang belum wajib.

Oke, sekedar share aja untuk khalayak ramai di dunia maya ini. Semoga Dio selalu sehat dan aktif seperti biasa (amiiiin....). Oh iya dua minggu lagi jadwal imunisasi cacar air ni dari dokternya. Hmmm... perlu gak ya?? Browsing-browsing lagi ya semuanya. Byeee.....


3 comments:

  1. Teh, setelah vaksin apa ada reaksi yg gimanaa, gitu? Demam kek atau apa, gitu? Anakku bln depan 15 bln, pengennya mau tak vaksin MMR. Mungkin di RS Immanuel gak beda jauh ya harganya.

    ReplyDelete
  2. Makasih sharingnya ya Mbak, kebetulan saya mau beri imunisasi MMR pada putri kedua karena telat imunisasi campak. Jadi idealnya umur 15 bulan ya? putri saya sekarang baru 12 bulan.

    ReplyDelete
  3. nanya dong mba..vaksin MMR ini halal??? apa bener harganya di rupiah skitar 450-700rb rupiah

    ReplyDelete